Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

PENGANTAR HUKUM BISNIS

48 Komentar

Disampaikan Pada Kuliah Pertama tanggal 5 Februari 2008
MARYOGI YASIN SURATMAN, SH., MHum.

A. Lingkup Pembahasan

    1. Perkembangan Dan Pengertian Umum Hukum Bisnis
    2. Hukum Paten Di Indonesia
    3. Hukum Merek Di Indonesia
    4. Hukum Cipta Di Indonesia
    5. Hukum perlindungan Konsumen
    6. Hukum Perbankan
    7. Larangan Praktek Monopoli
    8. Tindak Pidana Dalam Bisnis
    9. Penyelesaian Sengketa Bisnis
    10. Peradilan Arbitrase

    B. Permasalahan Pokok

    1. Mengapa Hukum Diperlukan Dalam Bisnis ?
    2. Apa Tujuan dan Kemanfaatannya Bagi Pelaku Bisnis dan Masyarakat?
    3. Bagaimana hubungan Hukum dengan Kegiatan Bisnis ?
    4. Unsur Apa saja yang terpenting dalam Hukum dan Bisnis?

    C. Pembahasan

    1. Pada Dasarnya Hukum Diciptakan melalui Kekuasaan, Tetapi muatan Hukum harus mengatur keseimbangan antara kepentingan Kekuasaan dengan kepentingan Masyarakat (rakyat) yang memiliki kedaulatan.
    2. Oleh Karenanya Hukum diciptakan bukan untuk Kekuasaan (Thomas Hobbes) melainkan untuk kepentingan perkembangan masyarakat (Von Savigni).
    3. Sifat dan Fungsi Hukum dalam suatu Proses Harus Realitas, Responsif/Antisipatif dan Demokratis.
    4. Dalam Realitas sosial, hukum sering kali tertinggal dengan perkembangan masyarakat namun bukan berarti Penegakan Hukum terhenti, Karena HukumTetap Harus Tegak meskipun senadainya langit Akan Runtuh.
    5. Pengakan Hukum Harus dilakukan dengan memperhatikan Hal:

    a. Didasarkan pada Hukum Positif
    b. Mengedepankan rasa keadilan masyarakat
    c. Menjamin Kepastian dan kesebandingan Hukum
    d. Dilaksanakan secara Proporsional dan Profesional


    HAKEKAT PENEGAKAN HUKUM

    • Menjamin Terciptanya Kepastian Hukum dan Kesebandingan Hukum
    • Menumbuhkan Kepercayaan Masyarakat kepada sistim hukum yang ada
    • Menumbuhkan dan Mengembangkan kepercayaan dan harapan masyarakat terhadap sistim Demokrasi
    • Mengembalikan Kewibawaan Hukum di mata masayarakat
    • Mengangkat Harkat Martabat bangsa dimata dunia
    • Membangun Kepemimpinan Nasional yang berwibawa

    PRINSIP PENEGAKAN HUKUM

    • Adanya Landasan Hukum Yang Kuat
    • Adanya Pelaksanaan Hukum Yang Proporsional dan Profesional
    • Adanya Lembaga Peradilan Yang Independen
    • Adanya Aparat penegak Hukum Yang Kridibel dan Visibel, Profesional dan Proporsional
    • Adanya sistim Hukum Yang Demokratis


    Hakekat Bisnis

    • Merupakan Sarana Pelaksanaan bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat ( Ingat Prinsif Ekonomi)
    • Adanya Kepentingan antara pelaku Bisnis dengan masyarakat
    • Adanya tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan keuntungan
    • Untuk Memenuhi Kepuasan hidup manusia

    PRINSIP BISNIS

    • Adanya Kegiatan Ekonomi
    • Adanya Keuntungan Yang Menjanjikan
    • Adanya Kesepakatan Para Pihak
    • Adanya Jaminan Keamanan bagi Pelaksanaan Bisnis

    Dasar Diperlukannya Hukum Bagi Kegiatan Bisnis

    • Untuk memberikan Kepastian Hukum
    • Untuk Memberikan Kesebandingan Hukum
    • Untuk Melindungi Kepentingan Para Pihak

    Author: mfirmanshah

    pria yang beranjak dewasa

    48 thoughts on “PENGANTAR HUKUM BISNIS

    1. salam kenal mas dari bumi aceh… wah banyak banget artikel nya bisa nambahin ilmu nih… thanks ya mas

    2. salam kenal juga bang jamal dari naggroe aceh…
      terimakasih udah mampir2 kerumah maya saya…
      mari kita berbagi dan bercerita tuk sesama via online. InsyaAllah bermanfaat. Amin.

      OK. thX

    3. Lam kenal….
      kebetulan lagi nyari referensi hukum bisnis. makasih ya tulisannya bermanfaat loh buat saya…

    4. oh, terimakasih sudah maen kesini,
      moga bermanfaat ya.
      dan…
      jangan lupa terus berbagi, insyaAllah berkah. Amin

    5. aku butuh banget artikel tentang kenapa hukum bisnis berguna dalm dunia usaha??
      makasih ya,,

    6. Selamat Sore Pak….
      saya dari Fakultas Ekonomi Universitas Mataram
      Misbah Fariz…..
      bisa anda taruhkan artikel tentang pengantar hukum bisnisnya di wordpress ini…. atau dikirimkan ke alamat email saya saja….
      Terima kasih sebelumnya

      Misbah Fariz.

    7. bpk..minta tolong donk?carikan artikel mengenai hukum dan etika bisnis,,,n kalo sudah taruh dalam email saya saja ya pak?….
      indir_irnawati@yahoo.com
      sebelumya saya mengucapkan trima kasih

    8. pak cara download materi tentang lingkup pembahasan mangenai hukum bisnis itu gmna ya pak?
      bls ke email kaya di ats

    9. Ini daftar isi dari bukunya ya ?, dimana bisa di download nih, penting banget nih, please ya…..

    10. pak tolong kirimkan cara bisnis yang benar

    11. Thx 4 notenya ya…
      berguna bgt bwt sya…

    12. malem mas,saya butuh cakupan tentang hukum bisnis mas tapi dalam konteks yang dasar2 na saja dulu mas…
      thx,,,lam kenal…

    13. pak blh minta tolng…. kirmkn mklah tentang hukum bisnis yang berjudul ASPEK HUKUM PERPAJAKAN DALAM BISNIS

    14. Slm Kenal, saya guru smk, tlong bantu saya tuk kirimkan artikel anda ke email saya, saya butuh materi pembelajaran siswa saya, thanks sebelumnya. (wibowosunarno@yahoo.co.id )

    15. silahkan di copas saja materi kuliah sy diatas pak…
      asal cantumkan sumbernya :)
      thX

    16. salam kenal,

    17. ass……..siang pak maaf pak, saya minta tolong artikel bapak kirimkan ke email saya, coz itu mata kuliah saya yang sangat saya butuhkan,pak saya mahasiswa fakultas syari’ah Ekonomi perbankkan Syariah……………..
      sebelumnya makasih pak…………..
      wss

    18. Salam kenal, mas tolong kirim ke sy, dasar diperlukan hukum dalam bisnis, atas bantuannya trimakasih
      tolong kirim ke rtm_maharani@yahoo.com

    19. hukum bisnis adalah tata cara dalam melakukan suatu bisnis,,,,

    20. Boleh saya minta materinya atau Link Download bukunya dikirim ke email saya, karena saya butuh untuk bahan kuliah.
      Terima Kasih

    21. pak,
      minta tolong materinya di kirim ke e-mail saya ya pak,
      saya perlu banget neh ada mata kuliah wajib hukum bisnis dan perpajakan…email ke : randystzx@gmail.com
      ato klo bisa di download minta alamat site nya…
      th before…
      best regard’s…

    22. malam mas,,,salam kenal ya…sya mau minta tolong penjelasan tentang persamaan hukum ekonomi dengn hukum bisnis…thanks

    23. Assalamu’alaikum….

      Berkat artikel ini saya bisa belajar banyak ttg Pengantar Hukum Bisnis….
      Terima Kasih

    24. Assalamu’alaikum wr wbr,

      Terima kasih bung Mod, artikel Anda sangat membantu saya yang lagi belajar di STIE Ahmad Dahlan.
      Lanjutkan dan Tetap Semangat !

      Wassalamu’alaikum wr wbr

    25. Salam kenal Bang…
      Mahasiswanya P Maryogi juga ya….
      Terima kasih atas usahanya membantu dalam perkuliahan Hukum Bisnis
      LANJUTKAN

    26. slm knl

    27. 2020 dunia bisnis akan boming.. ramalan econom dunia paul zane pilzer.
      kapan kta mulai,, noww!!!
      kita lah calon orang2 trkaya d dunia ne..
      panduan pertama: miliki buku the chas flow quadran kby robert t.kyosaki
      081397194508

    28. thnx…

    29. hatur nuhun penjelasana…

    30. assalamualaikum….
      pak, minta meterinya tentang aspek pajak dalam bisnis

    31. bisa minta di kirimkan paper dan atau makalah tentang hukum bisnis. soalnya saya mendapat tugas itu dari dosen saya. mana orang mao ujian lagi… hmm mohon bantuannya ya..

    32. tolong kirim kan sebuah paper tetang hukum bisnis kepada alamat email saya ya… soal nya saya mendapat tugas dari dosen saya… mohon bantuan nya ya.. trimakasih.

    33. Mas,tlg kirimi saya paper tentang hukum bisnis lewat email saya,ini tugas dr dosen saya.trims

    34. bpk..minta tolong donk?toLoOng bantu saya carikan artikel mengenai hukum dan etika bisnis,,,n kalo sudah taruh dalam email saya saja ya pak?….
      nencyalya@gmail.com
      sebeLumna trimakasih ya pak,,

    35. Assalamu’alaikum mas.. lam kenal
      saya juga mahasiswanya Pak Maryogi nih.. sekarang lg dapat tugas Hukbis. Makasih ya artikelnya sangat membantu saya. moga Allah membalasnya dengan pahala yg berlipat ganda. Amin…

    36. makasih….

    37. Wah asyik nek ditmbah lagi yg bnyak,artikel2nya sngat mbantu org bnyak,so qt g perlu ke prpus nyari cpk2,Lal kenal LIUS FAK,EKNM USM SEMARANG.

    38. terima kasih atas ilmunya gan.

    39. Ass
      malam pak saya pingin tau ne lbh dalam hukum bisnis karna ne jurusan y pak,
      trimakasih

    40. bang, jurusan hukum bisnis hafalan apa hitungan???
      makasih

    41. jeh…
      gk ad yg laend ia?
      butuh ni, ap cm sgtu j materi hukumnya?

    42. makasi bwt ilmu nya,,tp apa cuma itu aja?/
      gk ada yg laen..

    43. pak minta tlng…crikan aku tentag pengantar hukum dan etika bisnis.

    44. Makasih pak, minta izin copas tulisannya

    Tinggalkan Balasan

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.