Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

RS Mata Aini

Tinggalkan komentar

Rabu ini tepat seminggu setelah ibu –dan kami anak-anaknya– melewati salahsatu episode kehidupan yang tak bisa kami hindari. Ibu operasi bola mata kirinya karena dihinggapi oleh katarak. Sebuah mata mahal menurut dokter mengingat mata kanannya sudah tidak berfungsi lagi setelah memperoleh serangan glukoma sekitar 10 tahun lampau, tanpa sebab dan mendadak begitu saja.  Episode kelam yang menakutkan kami.

Setelah musibah tersebut, ibu sentiasa kontrol dan check-up ke spesialis Mata dalam hal ini di RS khusus pula, RS Mata Aini  Prof Dr Ishak Salim, dibilangan HR Rasuna Said,  Kuningan.  Lebih tepatnya ditangani oleh dokter Srinagar M. Adjo.

Rabu 25 Mei 2010 dengan ambulance dari Rumah Zakat Indonesia kami beranjak dari rumah sejak pukul 7 pagi.  Keputusan untuk menjalani operasi diambil setelah dua hari sebelumnya Senin, 24 Mei 2010 Ibu ditemani adik saya untuk kontrol mata dan dokter menyatakan perlu diambil tindakan segera karena disaat bersamaan tekanan darah, gula dan kondisi fisik lainnya dalam batas normal alias mendukung untuk menjalankan operasi.

Dua hari hingga hari -H menjelang banyak pikiran-pikiran yang melayang dibenak ini. Mulai dari keadaan pasca operasi, bisikan-bisikan syaitan yang menggangu hingga berapa biaya yang dibutuhkan secara keseluruhan.

Hingga tibalah hari H yang mendebarkan tersebut.  Sekitar pukul 08.00 kami tiba dilokasi dan langsung menuju meja pendaftaran dan mengurus administrasinya wabilkhusus menyerahkan deposit di kasir.  Kini Ibu berada diantrian nomor 2 (dua) didepan Ruang Operasi di Lt 4 RS Aini.

Selama menunggu panggilan suster yang tidak jauh didekat duduk kami, terdapat banyak pasien dan keluarga pasien yang memiliki urusan yang kurang lebih sama dengan kami. Bahkan petugas RS dan Security harus menambah satu deret tempat duduk diruang tunggu tersebut.

Berselang satu jam kami menunggu, muncul seorang suster dibalik pintu Ruang Operasi. Ibu kami tuntun menuju ruang tersebut dan selanjutnya diambil alih oleh suster sebelum berurusan dengan dokter.  Yah seputar Meja Operasi, Anastesi, Suntik, Obat dan Verband.

Saya yang menunggu diluar walau sudah berusaha rileks dengan stay-tune radio FM, mengemil hingga jalan-jalan mengitari area Rumah Sakit bahkan melahap berita koran gratis diarea tunggu maupun via online tak bisa menyembunyikan kekhawatiran ini. Dalam rentang sejak tiba di RS hingga waktu zuhur, sampai 3 X saya harus buang air kecil.

***

Pukul 1300  ibu keluar dari Ruang Operasi dan diminta kembali keesokan paginya untuk membuka verband.  Alhamdulillah prosesnya berlangsung dengan baik dan hasilnya baru bisa dilihat sebulan kedepan dan harus dijaga baik-baik, tidak boleh kena air dan beberapa petunjuk lainnya dari dokter.

Hari itu saya berusaha mengekpresikan dalam tweet saya

dikiri kasir, didepan farmasi, dikanan optik @rsaini 11:32 AM May 26th via mobile web

sungguh berhati mulia dokter srinagar, dokter fauziah dan prof amir :) @rsaini 11:37 AM May 26th via mobile web

Alhamdulillah kami kini otw pulang dari @RSMataAini 4:07 PM May 26th via mobile web

***

Siangnya selepas shalat zuhur, saya menemui dr. Srinagar M. Adjo, Sp.M.  yang sedang ngobrol dengan dua orang karyawati didepan meja pendaftaran dan menjabat beliau dan ungkapkan terimakasih yang luarbiasa atas jiwa tulus melayani ibu sejak pertama kali datang ke RS Aini hingga berlangsung operasi katarak hari ini.

Yang tak kami sangka beliau dengan santainya membebaskan kami atas honornya dengan menuliskan di sebuah memo disobekkan kertas untuk diserahkan ke kasir.  Semoga jiwa sosial dan kemanusiaan beliau melapangkan dan meringankan beliau hingga ketika ditanya oleh malaikat disuatu hari kelak.  Amien.

Akhir kata saya pun ucapkan Terimakasih yang tak terhingga atas doa dan dukungan dari Keluarga, Rumah Zakat, Sahabat RISKA dan Rekan-rekan kantor baik via telpon, SMS, FB, Tweet maupun secara lisan. Hanya Allah Ta’ala yang pantas mengamini segala kebajikan semua.

Penulis: mfirmanshah

pria yang beranjak dewasa

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.