Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Bahaya Bodoh

Tinggalkan komentar

Bahaya Bodoh

·         Bodoh sebagai Sumber Penyakit.

Bodoh adalah salahsatu penyakit hati yang sangat berbahaya. Penyakit ini bisa menyebabkan hal-hal yang tidak seharusnya atau hal-hal yang bahkan tidak dia bayangkan sebelumnya. Sayang sebagian besar penderitanya tidak menyadari sakit yang ia alami. Kompilasi dari penyakit hati ini banyak sekali, misalnya dengki, riya, sombong, ujub (senang membanggakan diri) dsb.

1.    Penyakit Hati dan Sumber Kejahatan Kebodohan menjadi sumber segala penyakit hati dan kejahatan manusia. Kebodohan pada manusia bisa menjadi penyakit yang jauh lebih berbahaya dibandingkan penyakit badan. Penyakit ini menyerang anggota badan akan berakhir dengan kematian. Tetapi penyakit hati akan menghantarkan penderitanya pada kesengsaraan dan kebinasaan yang kekal, didunia dan akhirat.

2.   Memuat Kehidupan Menjadi Hina Manusia yang menderita penyakit bodoh, hidupnya akan penuh kehinaan dan kesengsaraan. Allah SWT banyak menyebutkan dalam Quran tentang bagaimana tercela dan hinanya orang-orang yang bodoh yaitu orang-orang yang tidak mau tahu dan tidak mau mempelajari ilmu agama. Dia mempunyai kesempatan untuk belajar selama hidup. Tapi mengabaikannya. Dia merasa cukup dengan pemahaman yang telah dikuasainya.

Allah berfirman : “Apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar dan memahami? Mereka itu tidak lain hanyalah seperti binatang ternak, bahkan lebih sesat jalannya (dari bintang ternak itu)” –AlFurqon, 24:44—

Allah SWT mengibaratkan orang-orang bodoh yang tidak belajar ilmu agama seperti binatang ternak bahkan lebih sesat dan jelek dari binatang ternak. “Sungguhnya binatang (makhluk) yang paling jelek disisi Allah SWT adalah orang yang bisu dan tuli, yang tidak mau mengerti apa pun (tidak mau mendengar dan memahami kebenaran)”

Allah menyifatkan orang-orang yan bodoh itu seperti orang yang bisu, buta dan tuli. Mereka adalah orang-orang yang jahil terhadap dakwah para Rasul sejak Rasul yang pertama sampai Rasul yang terakhir. Mereka adalah musuh Rasul yang sebenarnya. Hingga dalam salah satu kisah Nabi Musa AS berlindung kepada Allah SWT agar tidak menjadi orang yang jahil sebagaimana ucapannya : “Aku berlindung kepada Allah agar tidak menjadi orang yang jahil” (QS. Al Baqarah 2:67)

3.  Bagaikan Orang yang Mati dan Telah Terkubur Allah juga menyebut orang-orang yang menolak kebenaran dan orang-orang jahil yang menolak dakwah para Rasul seperti orang yang mati dan telah terkubur, walau jasad mereka hidup. Ilmu dan Iman inilah yang sesungguhnya menjadikan hati menjadi hidup. Ketika ilmu dan iman tidak terdapat dihati, maka orang itu menjadi mati. Dia tidak tahu apa yang menjadi tujuan hidupnya, apa yang hendak dilakukannya dan apa yang menjadi petunjuknya. Karena kebodohan inilah, seseorang menjadi seperti buta, karena tidak dapat melihat kebenaran. Dia akan kehilangan arah dan tersesat mencari tujuan hidupnya.Orang yang buta mata hatinya karena kebodohannya itu kelak akan dibangkitkan dalam keadaan buta.

Sebagaimana firman Allah SWT : “Barangsiapa didunia ini buta matahatinya, maka diakhirat dia akan lebih buta dan lebih tersesat dari jalan yang benar. Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (diseret) atas muka mereka dalam keadaan buta, bisu, dan pekak. Tempat kediaman mereka adalah Neraka Jahannam. Tiap-tiap kali nyala api Jahannam itu akan padam, kami tambah lagi bagi mereka nyalanya” (QS Al Isra’ 17: 72 & 97)

4. Sifat Penduduk Neraka “Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi Neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati tetapi tidak digunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah SWT) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak digunakan untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah SWT), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak digunakan untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu seperti binatang ternak bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itu orang-orang yang lalai“(QS. Al A’raf 7 :179)

Ayat ini menunjukan keburukan dan bahaya kebodohan dan betapa tercelanya orang yang jahil didunia dan akhirat. Kebodohan yang diderita bisa membawa pada kebinasaan. Ironisnya, kenyataan yang terjadi adalah banyak kaum Muslim yan menderita penyakit ini, tetapi mereka tak menyadarinya []

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s