Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

belajar tuk tetap ikhlas & sabar

Tinggalkan komentar

Tahun ini jelang 1/4 abad usiaku, Allah dengan tak diduga memberi ujian kepadaku untuk lebih sabar dan ikhlas. Nampaknya memang sulit dan berat ditengah bulir-bulir harapan yang sudah didepan mata. Namun dengan ujian ini menjadikan diriku harus mengambil ‘ibroh-nya atas rasa sayang yang Allah berikan kepada hambaNya ini dengan segala rencanaNya. Karena kita tidak akan tahu dengan yang akan terjadi esok walau sematang apapun rencana kita.


Alih-alih akan mendapat surpraise dihari spesial…. ternyata buyar semua. Saya jadi teringat dengan kisah Panglima Besar Khalid bin Walid yang ahli dalam strategi perang, disegani lawan dan dikagumi pasukannya ini ketika menerima surat pemberhentian dari posisi mulia tersebut dari Khalifah Umar bin Khathtab dengan ikhlas dan legowo. Tanpa ada protes dan banyak tanya. Khalifah khawatir dengan kharismanya itu akan menjadikannya silau dan lupa, demikian alasan khalifah menggantinya.


Memang sulit mencari dan menemukan pemimpin yang antara ucapan dan tindakannya sejalan saat ini. Kalau pun ada ia terlalu cepat dipanggil-Nya. Pagi iya, sore sudah berubah 180 derajat. Teladan hanya jadi retorika dan catatan dikertas kusam. Semoga saja saya bisa meneladani sahabat-sahabat Rasul, orang-orang hebat dimata kaum dan Sang Khaliq.


Dari kisah itu saya coba tarik ke ujian yang saya alami belakangan ini. Satu pertanyaan sekarang untuk diri sendiri : “Mengapa sekaliber Khalid bin Walid masih ikhlas dan sabar menerima surat penggantiannya ketika diposisi puncak dan turun hanya sebagai prajurit?”

PAMA, 131107

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s