Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

ARSITEKTUR KOMPUTER

Tinggalkan komentar

Memory Read Only
Adalah peralatan / perlengkapan memory yang dapat dibaca namun tidak dapat ditulis oleh CPU. Contohnya switch mekanis.

Memory Read/Write

  1. Sifat Fisik

  • Statis [ Static Random Access Memory, SDRAM ]. Biasanya digunakan untuk register CPU dan peralatan penyimpan kecepatan tinggi lainnya. Dinamis (Dynamic Random Access Memories, DRAM)
  • Volatile lawan non Volatile. Volatil jika membutuhkan sumber-daya yang terus menerus untuk menyimpan nilainya.
  • Read destructive apabila dalam proses membaca, memori tsb juga menghancurkan (destroy) nilainya serta mempunyai 2 fase : Read Cycle (siklus baca) dan Restore Cycel (siklus pemulihan). Read non-destructive.
  • Removable lawan permanent.Memori yg elemen aktifnya secara fisik dapat dikeluarkan dari hardware sistem seperti Floppy dan Optical Drive. Sedangkan yang bersifat non-removable seperti RAM dan Harddrisk.

  1. Organisasi Logis
  • Addressed.

Ketika peralatan mengakses memori, ia harus memasok alamat dan arah transfer, yaitu read dan write, ke system memori. Hampir semua memori termasuk jenis ini seperti RAM & ROM. Bentuk memori teralamatkan.

  • Asosiatif.

Memori asosiatif merupakan peralatan penyimpanan aktif yang menggunakan isi dari bagian word memori untuk menentukan sel yang sedang dibaca dan ditulis. Oleh karenanya ia juga disebut content-addressable memories (CAM).

  • Akses urut

Pita magnetis biasanya mengakses data secara urut dan peralatan pita (tape) mendapatkan data dengan cara menghitung kedepan atau kebelakang (maju atau mundur) dari posisi pada saat itu ke data yang diinginkan.

===============================================================

SISTEM SOFTWARE

Tanggungjawab arsitektur adalah memberikan atau menetapkan alamat memori utama ke komponen software khusus dari suatu system, misalnya BIOS, yang mengontrol hardware. Karena kode BIOS dalam PC berada dalamROM, maka ia seringkali disebut ROM BIOS.

Tanggungjawab BIOS adalah mengawali berjalannya sistem ketika pertama kali daya dihidupkan, memprogram berbagai chip pendukung dan mengontrol peralatan hardware sperti keyboard, printer dan layar video.

1. Penetapan Alamat Port I/O

    Pertama kali PC dihidupkan, hardware secara otomatis melakukan RESET yang memulai proses system initialization. Signal RESET berjalan ke semua sirkut programmable. Setelah inisialisasi hardware, CPU memuati register segmen kodenya dengan FFFF 16 dengan menjemput instruksi pertama dari FFFFO 16. Diantara tanggungjawab sistem ini adalah :

    • mengecek reliabilitas (daya handal) sistem hardware

    -menguji 16 KB pertama RAM
    -menguji flag prosessor
    -menguji register prosessor
    -menguji ROM yang berisi ROM
    -menguji timer

    • mengecek dan memprogram peralatan programmable.

    -memprogram timer dan mengontrol DMA untuk memulihkan DRAM.
    -menguji dan mengawali pengontrol interrupt.
    -menguji, mengawali dan menjalankan pengontrol video
    .
    -menguji keyboard.

    -menguji kontrol disket

    • memuat sistem pengoperasian dan mentransfer kontrol kepadanya.

    2. Penetapan Alamat Memori

      Memori utama yang disebut conventional memery merupakan lokasi penyimpanan yang dapat direfensi CPU selama siklus bus memory read atau memeory write biasa tanpa hardware khusus.

      Iklan

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      Logo WordPress.com

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Gambar Twitter

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Foto Facebook

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Foto Google+

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s