Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Microsoft akan mencaplok Yahoo (?)

Tinggalkan komentar

Bener juga apa yang disebut oleh Thomas L. Friedman dalam bukunya: The World is Flat.

 

Rasanya baru kali perhatian saya tersita dengan setiap perkembangan informasi rencana akuisisi di dunia Teknologi Informasi, antara Microsoft – Yahoo, disaat terus menurunnya profit & rencana Yahoo! akan mem-PHK 1000 karyawannya. Dan ditengah-tengahnya ada raksasa search engine: Google, seperti yang diketahui bahwa Google menguasai 70 % lebih pasar search engine dunia saat ini. Ada lagi penonton diluar, Komunitas Open Source, GNU/Linux.

 

Ada Apa dibalik ini ?

 

Banyak pengamat yang menganalisa baik dari segi IT, ekonomi bisnis, politik ekonomi, ekonomi politik maupun sosial politik. Disini saya belajar menganalisa.

 

Dari segi bisnis jika akuisisi Yahoo ! oleh Microsoft maka musuh Microsoft tinggal seorang : Google, dalam pertarungan bisnis di internet. Memang saat ini, Google telah menjadi musuh bersama Microsoft-Yahoo. Dan rencana ini terwujud tentu berdampak sangat luas dengan iklim bisnis dengan makin menonjolkan monopoli luar biasa di dunia IT. Maka tak terelakkan Perang Dunia IT akan pecah nampaknya.

 

Dan jika dengan dibelinya Yahoo, lengkaplah sudah Microsoft dengan memiliki Sistem Operasi, ERP, Ads Company, dotcom, CRM. Mulai dari negara maju apalagi negara berkembang akan makin ketergantungan dengan platform microsoft dan dominasi informasi. Secara politik, tentu menambah nalurinya makin lapar dengan konsentrasi untuk menghadapi Linux seorang.

 

Bisa jadi ini strategi “siapa dibalik layar” dengan menghembuskan berita ini tentunya akan mendogkrak saham Yahoo! dilantai bursa dan menaikkan pamor Microsoft dimata dunia IT. Gonjang-ganjing informasi ini pun telah membuat manajemen Yahoo ! mengeluarkan Memo Penting bahwa akuisisi ini belum tentu jadi guna menghindari sejak dini gelombang migrasi / loncatnya SDM mereka ke Google. “Keep Working, Please” ujar Jerry sang Juragan.

 

Disaat bersamaan, CEO Microsoft Steve Ballmer berharap agar Yahoo segera menerima pinangan Microsoft. Ballmer menyatakan bahwa Microsoft percaya Yahoo akan bergabung dengan mereka. Namun sampai sekarang, Yahoo belum memberi keputusan final mengenai tawaran pembelian Microsoft itu.

 

Menariknya, Google pun melalui bos-nya Eric Schmidt menyatakan siap membantu Yahoo! agar tidak dicaplok oleh Microsoft. Wow !

 

 

Atau jangan-jangan ini lagu lama seperti yang dilansir di www.detikinet.com, Microsoft sedangkan memainkan “lagu lama” pada tahun 1990, ketika dengan kekuatannya berhasil “mengalihkan” pengguna Windows dari jawara web browser Netscape Communication ke Internet Explorer miliknya.

 

Mungkin ada diantara kita yang masih ingat ketika “terkam-menerkam” didunia global coorporation yang sudah terjadi sebagai contoh antara Adobe–Macromedia, HP-Compac, Sony-Ericcson atau didunia Oil & Gas seperti Conoco-Unocal & Caltex.

Menarik melihat dan membaca sejarah para founder, orang-orang penting di dunia IT mulai dari Linus Torvald (Linux), Bill Gates (Microsoft), Dua mahasiswa Ph.D. dari Stanford, Larry Page dan Sergey Brin (Google) & Jerry Yang (Yahoo!). Seru menyaksikan aroma kompetisi diantara mereka yang berlangsung sejak kuliah dulu hingga sekarang.

 

Yang jelas semua ini adalah permainan kapitalis dunia. Jangan-jangan Indonesia juga mau diakuisisi?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s