Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Slogan Iklan-iklan di Televisi

Tinggalkan komentar

Tugas Makalah tentang
Slogan Iklan-iklan di Televisi

mfirmanshah
06.03.78002
Teknik Informatika
STMIK Muhammadiyah Jakarta

I. Daftar Isi

Daftar Isi

Kata Pengantar

Pendahuluan

Permasalahan dan Pembahasan

  • Motor Honda
  • Kartu Kredit BRI
  • Toyota
  • Rinso
  • Teh Botol Sosro
Penutup
===============================================================================


II. Kata Pengantar

Puja dan puji syukur hanya kepada ALLAH SWT atas nikmat Iman dan Islam yang masih kita terima sampai saat ini. Syalawat dan salam senantiasa tercurah bagi baginda Rasulullah SAW. Dengan tugas makalah ini, penulis hanya ingin menuangkan ide penulis dan mengimplementasikan Enterpreneur yang ada dalam diri penulis semoga menjadi motivasi yang membuat kita semua menjadi orang yang sukses. Amin.

Akhir kata tidak ada orang yang tidak pernah salah, apapun kesalahan yang ada dalam makalah ini penulis hanya minta saran semoga penulis dapat memperbaikinya.

Jakarta, 15 September 2006

Penulis,
Muhammad Firmansyah

III. Pendahuluan

Di zaman yang semakin berkembang ini, mungkin banyak sekali orang-orang yang masih belum tahu berharganya waktu, karena dengan berputarnya waktu maka hilang sudah kesempatan yang mungkin ada tanpa harus terbuang sia-sia.

Oleh karena itu kita sebagai orang yang hidup di zaman ini harus bisa memanfaatkan waktu seefektif mungkin untuk bisa mengikuti perkembangan zaman ini dengan cara belajar, karena di zaman sekarang ini untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah sulit dan membutuhkan persyaratan-persyaratan yang harus memenuhi standar perusahaan.

Belajar saja sebenarnya tidaklah cukup karena kita belum mempunyai pengalaman langsung terjun di lingkungan perusahaan, jadi seandainya kita tidak bisa dapat pekerjaan dari perusahaan yang kita inginkan mungkin kita harus introspeksi diri apa yang bisa saya manfaatkan dari ilmu yang selama ini kita dapatkan selama belajar ? Wirausaha ? itu adalah jawaban bagi kita yang memang belum mendapatkan pekerjaan tetapi kita bisa memanfaatkan peluang yang ada sesuai dengan tujuan yang akan kita capai.

IV. Permasalahan dan Pembahasan

  • Iklan Motor Honda, Terimakasih Honda

Setelah sukses memasarkan Supra X Racing, pertengahan tahun 2006 ini Honda kembali mengeluarkan iklan terbaru Motor jenis Supra Fit, varian motor yang lebih terjangkau masyarakat kebanyakan dari segi harga namun tidak meninggalkan unsur kehandalan dan kegesitannya.

Iklan ini sangat mendoktrin masyarakat, bahwa dalam kondisi harga BBM yang terus melonjak dan ongkos yang dikeluarkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya juga meningkat tentunya. Sedangkan motor salahsatu moda transportasi telah menjadi prioritas kebutuhan di masyarakat. Nah, iklan tersebut menyatakan bahwa Honda sangat mengerti akan hal itu.

Akhirnya banyak warga berpindah dari mobil ke motor merupakan dampak dari kurang pemerintah mengantisipasi persoalan transportasi. Kepala Labolatorium Transportasi Fakultas teknik Universitas Indonesia, Ellen SW Tangkudung mengatakan, bisa dibilang, pemerintah lamban 10 tahun. Penelitian sementara menunjukkan, sekitar 40 % warga Jakarta dan sekitarnya beralih naik motor dengan jumlah sekitar 4,5 juta ditahun 2005.

Tak heran kalau sekarang ini hampir semua keluarga bisa mempunyai motor, harga yang terjangkau dan kemudahan kredit merupakan salahsatu penyebab makin banyaknya motor dijalan-jalan.

Sayangnya, banyak keluarga yang tak bijak, anak kecil dan remaja-remaja tanggung yang belum memiliki SIM pun berkeliaran dijalan yang ramai sehingga sering terjadi kecelakaan.

  • Kartu Kredit BRI, Segalanya jadi Nyata

Iklan ini bercerita diawali proses penyambutan terhadap seorang sahabat/kerabat yang baru tiba di Jakarta dari kampung halaman dengan berperawakan lugu dan ndeso lalu diajak keliling Jakarta, melewati Monumen Nasional, Tugu Tani dan Bundaran HI.

Setelah seharian keliling Jakarta lalu sang kerabat/sahabat diajak ke Restoran untuk menikmati makan bersama sambil bernostalgia dan berbagi cerita. Singkat cerita, ketika mereka ingin bayar makan, sang sahabat/kerabat dari kampung tersebut membayar menggunakan Kartu Kredit BRI sehingga mengagetkan rekan-rekannya yang berasal dari Jakarta tersebut, karena tidak menduga sejauh itu bahwa sahabat/kerabat mereka tersebut yang sepertinya gampang diremehkan jika dilihat dari perawakan dan penampilannya tapi ketika membayar tanpa menggunakan uang tunai.

BRI sebagai bank yang memiliki asset terbesar setelah Bank Mandiri kini ingin mengubah imagenya sebagai Bank yang lebih dekat dengan masyarakat menengah kebawah yang memiliki kesan tidak mengenal teknologi atau mainstream tertinggal. Namun kini dengan hadirnya Kartu Kredit Bank Rakyat Indonesia sehingga memberi solusi pada sehingga masyarakat kini sudah mengenal pembayaran tanpa uang tunai.

  • TOYOTA, One Aim

Seri iklan di Sirkuit Formula One. Iklan ini bercerita dengan mengambil angle baik itu lekukan setiap mobil F1, tikungan dan track lintasan yang tajam serta suasana aktivitas di sirkuit F1 tersebut. Mulai dari kerjasama tim yang sinergis digambarkan dalam frame saat di Pit Stop sampai Pengalaman yang berharga dan berlangsung sampai sekarang dengan slogan ”Practice make Perfect ” mengantarkan TOYOTA berani terjun ke dunia paling bergengsi di ajang olahraga yang penuh glamour, teknologi mutakhir serta strategic plan yang handal dalam sebuah manajemen.

Iklan ini mencerminkan suasana dalam pencitraan positif dalam sebuah Brand Image itu sendiri, TOYOTA. Sebagai perusahaan multinasional, TOYOTA sukses dalam regenerasi dan alih teknologi dari barat sampai dikembangkan oleh engineer-engineer TOYOTA sendiri. Sehingga mensejajarkan TOYOTA dengan produsen Mobil ternama dunia lainnya.

One Aim, semua yang tergabung dalam tim yang sinergis, pengalaman yang handal dan rencana yang matang dengan dukungan teknologi mutakhir, TOYOTA ingin mempertegas bahwa TOYOTA merupakan salahsatu brand dan perusahaan ternama yang telah teruji dan terus mengembangkan diri guna mencapai tujuan dan tuntutan zaman. Hal ini bisa dilihat diantaranya melalui buku yang terkenal itu, “The Way of TOYOTA”.

  • Rinso, Berani Kotor itu Baik

Iklan Rinso versi anak SD yang bermain kotor dengan kaos kaki, sepatu dan seragam sekolahnya yang penuh dengan noda setelah bermain sepakbola sepulang sekolah. Ditengah jalan –-dengan tangannya yang kotor itu— tangannya tidak bisa diam sehingga menambah kotor seragamnya dibagian-bagian yang sulit seperti ketiak, kerah dan wilayah terbuka lainnya di seragam putihnya.

Iklan ini kembali menegaskan image sebagai deterjen yang sudah tidak asing lagi di masyarakat dan tidak diragukan kehandalannya, khususnya kaum ibu. Rinso mengajak para ibu untuk tetap tidak khawatir dengan kebersihan dan keharuman seragam sekolah walaupun digunakan bermain atau hobi putra kesayangannya. Karena bermain atau menjalankan hobi merupakan proses belajar juga yang tidak kalah penting selain di sekolah formal.

Ditengah gempuran kompetitor deterjen pendatang baru, Rinso berusaha mengingatkan konsumen bahwa Rinso tetaplah akrab diingatan para ibu ditanah air.

Sekali lagi, biarlah Rinso yang membersihkan seragam putra kesayangan Anda akibat noda ketika bermain atau menjalankan hobinya.

  • Teh Botol Sosro, Awali dengan yang Manis

Nampaknya pihak Advertisting sangat jeli dengan megnhadirkan Iklan Teh Botol versi Ramadhan yang sudah hadir sejak tahun lalu mengusung slogan ”awali dengan yang manis” karena sesuai dengan sunnah Rasul bahwa kita dianjurkan untuk berbuka puasa diawali dengan yang manis dahulu seperti teh manis, kurma atau lainnya guna mengembalikan metabolisme tubuh setelah seharian berpuasa.

Disini divisualkan bahwa calon konsumen yang setelah seharian beraktivitas disaat berpuasa terus diingatkan bahwa Teh Botol Sosro merupakan salahsatu produk yang tak salah untuk sebagai menu pembuka.

V. Penutup

Alhamdulillah, atas izin dan kehendakNya juga saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Mudah-mudahan makalah ini bermanfaat bagi kita semua yang ingin menjadi Enterprenurship.

Jakarta, 15 Sept 2006
mfirmanshah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s