Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

QOULAN ‘AZHIMA

Tinggalkan komentar

(Kata-kata yang besar (dosanya))

Qoulan ‘Azima” adalah jenis kata-kata yang wajib dihindari. Inilah jenis kata-kata yang dipakai oleh orang-orang sombong, orang-orang yang suka memperolok-olokkan atau menghina Allah Ta’ala dan agama yang diturunkan Nya. Tentu saja juga orang-orang yang merasa dirinya lebih daripada orang lain (sombong). Ia dengan mudah mengucapkan kata-kata yang mengejek atau menhina orang lain, demikian juga kata-kata yang berisi bohong, fitnah, caci maki dan lain-lain (ucapan yang tidak pantas) yang kesemuanya itu akan melahirkan dosa besar bagi diri sendiri. Jadi Qoulan ‘Azhima ini adalah lawan kata dari Qoulan Maisura (kata-kata yang pantas diucapkan)


Kata-kata Qoulan’Azhima ini muncul di dalam Quran surat Al Isra ayat 40 : “Maka apakah patut Tuhan memilihkan bagimu anak-anak laki-laki, sedangkan Dia sendiri mengambil anak-anak perempuan diantara para malaikat? Sesungguhnya kamu benar-benar telah mengucapkan kata-kata yang besar (dosanya)”. Turunnya ayat ini adalah sebagai jawaban terhadap pertanyaan orang-orang kafr. Ketika mereka menginginkan anak laki-laki, tetapi Allah memberikan anak perempuan kepada mereka Ditambah lagi, bahwa orang-orang kafir tersebut menyangka bahwa Allah tidak memiliki anak laki-laki, kecuali (yang dimiliki Allah) hanay anak perempuan. Maka turunlah ayat (QS 17 : 40) ini, sebagai teguran atas kesombongan orang-orang kafir tersebut.

 

Jadi Qaulan ‘Azhima ini adalah jenis kata-kata yang harus kita hindari dalam komunikasi dan interaksi kita dengan orang lain. Karena hanya akan mendatangkan dosa besar diri kita sendiri. “Mulutmu adalah harimaumu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s