Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Pemanfaatan Fasilitas Filter di Gmail

2 Komentar

Pemanfaatan Fasilitas Filter di Gmail
oleh: mfirmanshah
030208

Manfaat Filter di Gmail ini adalah proses index sebagai langkah memudahkan RISKAder dalam memperoleh, mencerna dan merespon informasi secara cepat yang masuk di Inbox Gmail RISKAder atau singkatnya manajemen inbox.

Disini saya contohkan dari account RISKA. Gmail sangat mendukung dari berbagai bahasa didunia, salahsatunya Bahasa Indonesia. Filter yang saya ambil adalah contoh Filter Inbox dari MilisRISKA@Googlegroups.com. Jika ada pertanyaan silahkan kontak di www.mfirmanshah.wordpress.com. Selamat mencoba dan menikmati manfaatnya.

Langkah 1 :

Bismillahirrahmanirrahim. Lihat dipojok kanan atas halaman Gmail RISKAder, pilih Acuan Email (Setting) maka yang muncul adalah menu dibawah ini. Lihat Gambar 1. Masuklah ke Tab Label lalu buatlah Label Filter Baru, MilisRISKA.

Langkah 2 :

Lalu masuklah ke Tab berikutnya: Filter. Muncul menu dibawah. (Gambar 2). Ada 5 (lima) Textbox yang kosong, di Textbox Kepada / Sent ketiklah MilisRISKA@Googlegroups.com. Pengertiannya adalah bahwa setiap email yang dikirim ke MilisRISKA@Googlegroups.com akan langsung difilter oleh Gmail dan dikelompokkan ke Label MilisRISKA. Klik tombol Kelangkah berikutnya / Next

Langkah 3 :

Dilangkah berikutnya muncul Menu dibawah ini. Gambar 3. Jika RISKAder beri centang pada opsi

  • Langkahi Kotak Masuk maka setiap email yang masuk dari MilisRISKA@Googlegroups.com hanya bisa dilihat di Label Filter MilisRISKA
  • Lalu centang Terapkan Label MilisRISKA
  • Jika belum ada Label, buatlah Label baru MilisRISKA
  • Jika Anda pilih Teruskan ke alamat email maka setiap email yang masuk akan diteruskan ke alamat email Anda yang lainnya.
  • Hapus. Opsi ini bertugas bahwa setiap email yang Anda Filter akan langsung dihapus oleh Gmail.

Langkah 4 :

Setelah RISKAder simpan langkah Filter diatas maka akan muncul Label MilisRISKA seperti tampak dipojok kiri Gambar 4 dibawah.

Setelah semua langkah diatas RISKAder terapkan, silahkan masuk kembali di Acuan Email / Setting, pilih Tab Filter maka terlihat Fungsi Filter sudah muncul di Pengaturan / Setting.

Terakhir klik logo Refresh (F5) dibrowser Anda. Kini RISKAder pun dapat mengakses menu Inbox / Surat Masuk di Gmail dengan lebih Efesien, Fokus dan Rapi dipandang mata tentunya. Alhamdulillah. Selamat bereksplorasi lebih jauh. Terimakasih. []

 

Iklan

2 thoughts on “Pemanfaatan Fasilitas Filter di Gmail

  1. as wr wb
    afwan ane mau daftar di milis riska
    gmn caranya afwan
    fahmi dept.SLTNI

    fahmi_kk5@yahoo.com

  2. wa’alaikumsalam,
    OK silahkan kirimkan email aja ke MilisRISKA-owners@googlegroups.com
    thX

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s