Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Menegur orang yang merokok di tempat umum

Tinggalkan komentar

Saya teringat beberapa pekan lalu ada teman yang bercerita tentang si Badu dan si perokok. Mungkin sudah ada yang pernah mendengar juga cerita seperti ini,

“Waktu itu si Badu naik angkot dan salah seorang penumpang di depannya mengeluarkan bungkusan rokoknya, Badu juga mengeluarkan segelas air mineral yang dibelinya di toko sebelum naik angkot. Sewaktu si perokok mulai membakar rokoknya, Badu juga membuka tutup air mineralnya. Kemudian Si perokok mulai mengisap rokoknya, Badu juga meminum airnya. Begitu si perokok mengeluarkan asapnya dan mengarah ke muka Badu, Badu juga menyemprotkan air dari mulutnya ke muka si perokok.” .

Jadi silahkan anda merokok di wilayah pribadi masing-masing. Merokok di wilayah publik akan membuat anda melanggar wilayah pribadi orang lain.

Saya jadi teringat satu kalimat dari pelajaran waktu di SMP dulu, “Kebebasan yang bertanggungjawab”. Artinya, bahwa kita bebas menggunakan hak kita masing-masing tapi kita juga harus ingat dan jaga bahwa orang lain juga punya hak. Saling menghormati kebebasan .

Untuk yang perokok, di bungkus ROKOK itu ada tulisan peringatan pemerintah bahwa “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, gangguan kesehatan janin dan impotensi”. Dan yang buruk-buruk seperti itu bisa menyebabkan kematian. Berarti merokok itu menyebabkan orang membunuh diri sendiri. Sedangkan bunuh diri itu adalah HARAM !!!. Selain itu bisa membunuh orang orang yang sesak nafas karena asap. Atau menyebabkan orang lain sakit karena asap rokok tersebut. dan itu juga haram.

Ada kaidah fiqih seperti ini, Sesuatu yang haram, maka segala hal yang membawa kita pada sesuatu yang haram itu adalah haram juga“. .

source: http://takdir.blogspot.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s