Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Jangan Alergi Feedback

3 Komentar

Dalam dua pekan ini sudah beberapa feedback yang bisa saya beri. Mungkin diantara kita kebanyakan alergi dengan yang namanya feedback. Baik itu disadari atau  tidak. Bagi Anda yang secara sadar dan merasa penting sebuah feedback, bersyukurlah. Karena tidak semua orang berlapangdada menerima sebuah feedback yang disampaikan oleh orang-orang terdekat, rekan kerja maupun lawan sekalipun.

  • Feedback yang pertama adalah kepada rekan-rekan dari suatu forum diskusi didunia maya atas keterlambatannya yang sangat dari janji waktu yang telah disepakati.
  • Hadiah yang kedua saya beri di majelis Monthly Review kepada Sahabats Pengurus yang masih juga merasa belum penting untuk hadir dan tepat waktu memberi report sebelum monthly review. Ironisnya, tenang-tenang saja saat tidak menyerahkan report tersebut, pun tanpa konfirmasi atas keterlambatan –bahkan– ketidakhadirannya di majelis monthly review, bulan maret kemarin (Ahad, 060408). Tidak cukup disini, selepas agenda ini saya pun memberi feedback kepada semua KaDept/KaDiv yang tidak hadir tsb via sms.
  • Berikutnya adalah, saya mengisi Lembar Umpan Balik (LUB) dari ASTRA yang saya terima untuk diisi mengenai bagaimana sebuah pandangan saya saat salahseorang rekan kerja tersebut masih dalam satu tim dengan saya. Lembar Umpan Balik ini menjadi penting dan persyarat baginya dalam mengikuti Training di AMDI. Hasilnya diolah dan menjadi salahsatu dasar Manajemen membuat keputusan.
  • Feedback lainnya yang saya sampaikan jelang pulang kantor adalah Review Program Sel via email pribadi disatu kelompok Sel Nilai Inti tempat saya bergabung. Berikut bunyinya :

“dear all,

merujuk kembali mengenai program internal sel SUFI yang salah satu diantaranya adalah “Konfirmasi” ke rekans di Sel lain via LN jika akan dinas meninggalkan kantor dalam waktu yang cukup. Dengan harapan program kecil –katakanlah begitu– ini bisa ditularkan ke Sel lain jika internal Sel SUFI sendiri menyadari sebuah konsisten dan komit. Namun, sepertinya harapan ini masih menuju sebuah harapan saja. Moga kekhawatiran saya keliru. Demikian, terimakasih. Salam,”

Feedback saya cukup menyentak anggota tim di Sel Nilai Inti mengingat angota-anggota levelnya jauh diatas saya baik secara experince maupun pendidikan. Respon dari rekan-rekan tsb sangat apresiatif dan saya telah menunjukan nilai positif. Beban dipikiran saya pun menjadi ringan tentunya.

  • Hari ini saya ke bengkel motor resmi dan tempat sevis tetap dan rutin saya. Disini pun saya beri mereka feedback agar mereka tidak mengulangi kekeliruan dilain waktu.

Selain feedback, saya tidak segan-segan memberi apresiasi atau pujian terhadap sebuah komitmen atau konsisten dari seorang rekan, sahabat atau sejawat atas ucapan dan tindakannya yang tidak menyimpang dari kesepakatan.

Saya sangat bersyukur, menerima sebuah feedback kapan dan dimanapun seperti halnya saya memberi feedback. Feedback merupakan bagian dari Semangat Perubahan.

Saya hanya berusaha Mengungkapkan apa yang dipikirkan. Memikirkan apa yang diungkapkan.

Orang yang alergi dengan feedback merupakan awal dari kehancurannya.

3 thoughts on “Jangan Alergi Feedback

  1. Tanggapan Dala untuk yang point monthly review : Itu tugas dan amanah untuk terus menerus ‘menyadarkan’ pengurus pentingnya review bulanan. Tapi kita tidak bisa paksa supaya semua orang sadar bahwa review dibutuhkan untuk pantau perkembangan.
    Insya Allah, kalau berguna semua berlapang dada diberi feedback. Tetap semangat.

  2. Somehow i missed the point. Probably lost in translation 🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Pampa.

  3. thx for u r little appriated.
    cheers

Tinggalkan Balasan

