Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Seminar Peranan Internet Dalam Dakwah

Tinggalkan komentar

Written by Ahmad Syauqie
Tuesday, 06 May 2008

 Tanggal 20 Rabiul Akhir 1429 H (27 April 2008), Panitia Kajian myQuran dan RISKA mengadakan kajian “Peranan Internet Dalam Dakwah: Ngenet? Ada Dakwahnya Gak Sih?” di masjid Sunda Kelapa Jakarta Pusat.

Acara cukup ramai dengan jumlah peserta sekitar 60 orang. Diawali dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh myQuran dan Riska, membuka wawasan bahwa dunia dakwah bukan hanya melulu ceramah agama. Tapi juga ada outbound, kesenian, olahraga, bakti sosial, pengembangan kepemimpinan, dan sebagainya. Bukan hanya di darat, tapi juga merambah dunia maya.

seminar.jpgTanggal 20 Rabiul Akhir 1429 H (27 April 2008), Panitia Kajian myQuran dan Riska mengadakan kajian “Peranan Internet Dalam Dakwah: Ngenet? Ada Dakwahnya Gak Sih?” di masjid Sunda Kelapa Jakarta Pusat.

Acara cukup ramai dengan jumlah peserta sekitar 60 orang. Diawali dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh myQuran dan RISKA, membuka wawasan bahwa dunia dakwah bukan hanya melulu ceramah agama. Tapi juga ada outbound, kesenian, olahraga, bakti sosial, pengembangan kepemimpinan, dan sebagainya. Bukan hanya di darat, tapi juga merambah dunia maya.

Dengan memakai teknologi internet seperti email, maka biaya pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk komunikasi seperti SMS dapat dikurangi. Apalagi menurut ustad Sarwat, HP second yang sudah ada GPRS dan fasilitas internetnya sudah bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 500 ribu.

 Ustad Sarwat juga menyatakan bahwa dengan mengaktifkan font bahasa Arab dalam melakukan pencarian di Google, maka didapat banyak sekali informasi yang ditulis oleh ulama-ulama kelas dunia. Jauh lebih banyak ketimbang dalam bahasa Indonesia.

Pembicara kedua, Agus Nizami, Ketua MIFTA (Muslim IT Association –www.mifta.org) menyatakan bahwa dakwah adalah perintah Allah kepada semua ummat Islam. Dalam surat Al ‘Ashr disebut bahwa orang yang tidak berdakwah sebagai orang yang merugi.

peserta2.jpgDari data statistik Internet World Stats disebut bahwa pengguna Internet di seluruh dunia jumlahnya lebih dari 1 milyar sementara pengguna Internet di Indonesia ada 20 juta. Jelas bahwa Internet adalah satu medan dakwah yang sangat potensial di mana kita bisa belajar dan berdakwah ke jutaan pengguna internet di seluruh dunia tanpa harus keluar dari meja komputer kita.

Nizami juga menyatakan bahwa berbagai alat di Internet seperti email, blog, mailing list, Yahoo Messenger (YM), Yahoo Answer, dan sebagainya dapat dimanfaatkan sebagai sarana dakwah. Paling tidak ada 2 orang yang masuk Islam setelah chatting lewat YM.

 bersama.jpgDari MIFTA juga dibawa sebanyak 20 CD yang berisi software Islami seperti Al Qur’an dan Hadits Digital (bahasa Indonesia dan Inggris), program Faroidh, dsb. Sebagian dijual dan sebagian gratis sehingga terkumpul dana Rp 100 ribu yang saya serahkan ke pihak myQuran untuk dibagikan ke anak yatim yang miskin.

Dari jumlah tersebut tersisa 6 CD yang insya Allah akan saya bagikan gratis ke pegiat Islam (saat ini masih tersisa 3). Diharapkan CD Software Islami tersebut bisa disebarluaskan ke masyarakat baik dibagikan secara gratis atau pun dijual dengan harga yang terjangkau.

source :  MIFTA.Org

Last Updated ( Tuesday, 06 May 2008 )


https://mfirmanshah.wordpress.com/
‘selamat tinggal kebodohan dan pembodohan’
http://www.riskaonline.org/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s