Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Indonesia resmi keluar dari OPEC

Tinggalkan komentar

Rabu, 10/09/2008 15:52 WIB

oleh : Antara

WINA (Antara/AFP): Indonesia secara resmi keluar dari organisasi segara pengekspor minyak OPEC, organisasi itu mengumumkan hari ini setelah pertemuan di Wina.

“Konferensi dengan hormat menerima permohonan Indonesia untuk menunda keanggotaan penuhnya di organisasi ini, dan menitipkan harapan negara ini akan berada di posisi untuk kembali bergabung dengan organisasi dalam waktu tidak terlalu lama di masa mendatang,” ungkap OPEC dalam pernyataannya di akhir pertemuan.

Indonesia merupakan salah satu anggota terkecil OPEC dan satu-satunya dari Asia, akhir Mei lalu mengumumkan keinginannya keluar dari organisasi pengekspor minyak karena telah menjadi negara pengimpor minyak.

Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro mengatakan bagaimana pun Indonesia akan kembali bergabung jika produksinya meningkat, sejalan dengan upaya yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas produksi setelah bertahun-tahun investasinya di sektor ini turun.

“Jika produksi kami kembali ke level seperti semula yang memberi kami status sebagai negara pengekspor minyak, saya fikir kami dapat kembali menjadi anggota OPEC,” katanya.

Ketika anggota OPEC lainnya menikmati keuntungan dari kembali tingginya harga minyak di dunia, Indonesia yang bergabung dengan OPEC pada 1961 justru tidak mampu mencukupi kebutuhan cadangan terbukti ke pasar sebesar 4,37 miliar barel.

Beberapa pejabat Indonesia mengkritik kurangnya perhatian dari OPEC untuk anggotanya yang kecil, yang menderita akibat ketidakpastian organiasasi memperkuat pasokan. Kalangan analis juga menuduh pemerintah terdahulu lalai untuk mengelola kandungan minyak dan gas yang kaya di Indonesia.

Produksi minyak di kapulauan ini turun sejak 1995, kata Yusgiantoro. Pemerintah awal tahun ini menurunkan perkiraan penjualan minyak untuk 2008 menjadi 927.000 barel per hari dari sebelumnya 1.034 juta barel per hari.(er)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s