Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Linux : Bebas dari Ketergantungan

Tinggalkan komentar

open-sourceIni Seri II dari Topik ” Mengapa LINUX lebih baik ? ”

Linux dan perangkat lunak yang bersifat terbuka (open source) yang menggunakan “lisensi bebas” yang secara umum disebut GPL (General Public License) atau Lisensi Bebas Umum. Dengan lisensi ini setiap orang diseluruh dunia memiliki hak yang sama untuk menduplikasi perangkat lunak maupun melihat kode sumber, lalu memodifikasinya dan mendistribusikannya kembali tentu dengan lisensi yang sama.

Jadi saya tidak perlu kuatir jika suatu saat entah 10 atau 15 tahun kedepan Microsoft bangkrut atau jika tiba-tiba mereka tanpa berpikir panjang dan tanpa peduli menaikkan harga jual lisensi Windows atau Office-nya sekalian. Nah loh, gimana donk ?? Sedangkan diri kamu ketergantungan banget dengan Windows tersebut. Tentu kamu tidak bisa berbuat apa-apa.

Kamu baik secara pribadi maupun secara bisnis tentu sangat tidak menguntungkan jika bergantung kepada hanya pada satu perusahaan saja. Kamu pun tidak bisa berbuat apa-apa dalam artian kamu tidak bisa bekerja tanpanya. Alangkah mengerikan jika tugas kuliah atau sekolah kamu tidak bisa diselesaikan atau skripsimu batal jika hal ini terjadi.

Yang lebih mengerikan lagi, jika ada bug yang sangat mengganggu di sistem operasimu sedangkan developer tersebut tidak mau lagi memperbaikinya atau lamban dalam merespon walau sudah dilaporkan atau saat terdesak tersebut kamu tidak cukup dana yang harus dibayar untuk versi terbaru.

Nah, dengan sistem open source kamu tidak perlu kuatir lagi. Jika suatu proyek atau dukungan tidak berlanjut, semua kode program tetap bersifat terbuka bagi comunitas atau setiap orang untuk tetap bisa melanjutkan proyek atau dukungan tersebut. Kamu pun bisa melakukannya untuk dirimu sendiri. Apabila kamu menemukan bug, kamu bisa langsung laporkannya, mendiskusikannya dengan para pengembang program tersebut dari seluruh dunia. Atau membantu memperbaikinya lalu mengirimkan hasilnya sehingga semua orang akan merasakan manfaatnya. Dan kamu pun bebas untuk melakukan hampir semua yang kamu inginkan dengan perangkat lunak tersebut.

Nikmati kebebesan tanpa ketergantungan. Mulai sekarang dan selamanya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s