Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Virus, Saya Sudah Lupa Tuh

Tinggalkan komentar

linuxgpl-300x187Bagaimana jika computer kesayanganmu tiba-tiba mati atau restart sendiri tanpa izin. Atau jika sebuah jendela aplikasi yang sedang kamu kerjakan “ngambek” saat kondisi normal apalagi saat kamu terburu-buru. Atau ketika kamu tanpa sadar jika email dikirimkan ke seluruh daftar kontak yang kamu punyai. Belum lagi jika sebuah jendela dengan segala jenis iklan muncul tanpa kehendakmu.

Apa yang bisa saya lakukan saat tersebut ?
Tak lain dibenak saya jawabannya adalah sistem operasi yang berjalan dikomputer kemungkinan besar sedang terinfeksi virus.

Karena ada beberapa alasan pembajak ingin melakukan sebanyak mungkin kerusakan atau mendapatkan kendali atas sistem operasi selama itu memungkinkan diantaranya :

  • Sistem Operasi Windows digunakan sebagian besar orang, maka mereka menjadikannya windows sebagai target. Tetapi bukan hanya itu saja alasannya, Web Server Microsoft IIS juga sering kali mendapat serangan dibandingkan Web Server Apache yang merupakan perangkat lunak open source.
  • Linux merupakan manajemen otorisasi yang cerdas. Setiap kali kamu akan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan sistem, kamu membutuhkan password sebagai administrator. Begitu pula program virus tidak bisa berkeliaran begitu saja dan menghapus atau memodifikasi sistem sesuai keinginan mereka, karena virus tersebut tidak mempunyai hak otorisasi berbuat demikian. Tidak dengan windows, kamu atau program apapun yang diinstal, bisa berbuat seenaknya terhadap sistem. Suatu waktu kamu bisa saja menghapus suatu folder system dan menghapus apapun yang kamu mau. Windows takkan memberikan komplain. Tentu saja setelah komputermu di-restart, maka masalah-masalah baru sudah menanti. Bayangkanlah jika sebuah program atau user memiliki hak menghapus file-file yang berhubungan langsung dengan sistem komputer. Di Linux, hal ini tidak diijinkan terjadi.
  • Banyaknya mata dari seluruh dunia yang mengawasi celah keamanan yang ada. Linux, sistem operasi yang berbasis open source, yang artinya siapapun programmer seluruh dunia ini bisa melihat kode programnya dan bisa terlibat dalam memperbaikinya atau minimal cukup memberi tahu jika ditemukan celah yang ditemukannya.

Jadi saatnya mendeklarasikan diri dengan lantang : ”Update Anti Virus ? Terakhir kapan yah ?,  Sudah Lupa Tuh”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s