Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Menuju Sidang dan Wisuda

1 Komentar

wisudaMungkin saja bagi kebanyakan orang-orang wisuda adalah hal biasa, yang lain sudah berpikir atau sedang menempuh S2 atau tugas akhir itu sesuatu hal yang biasa-biasa saja baginya. Akan berbeda rasanya jika kamu menempuhnya dalam kondisi selepas aktivitas kantor yang begitu luar biasa. Disaat kebanyakan orang pulang kantor janjian hang-out, nonton film-film premier atau selonjor dirumah bersama keluarga tercinta.

Berbagai ujian dan tantangan menghadang begitu derasnya selama proses ini berlangsung. Berawal dari sistem operasi Ubuntu 9.04 yang saya gunakan selama ini setelah saya install dari versi 8.10 sebelumnya. Mulai dari error message, x-session error file, setiap start up muncul window-window yang sebelumnya dibuka, padahal sudah saya tutup sampai si notebook bisu tak berdaya. Belum lagi user login yang saya gunakan selama ini juga bermasalah. Beralih ke user login adik saya eh malah panel wifi-nya lenyap. Alamak. Akhirnya setelah sekian waktu, solusinya install ulang dengan ubuntu 9.04.

Selepas satu kasus diatas, muncul kasus dan problem berikutnya. Aplikasi yang ingin saya tanam (install) di sistem operasi ubuntu 9.04 yakni oracle database 10g express edition sebagai penunjang tugas akhir ini, ternyata tak semudah yang dibayangkan. Setiap selesai diinstall muncul di browser failed to connect http://127.0.0.1.8080/apex, problem lainnya tidak bisa digunakan diluar jaringan baik jaringan LAN maupun wifi. Sebelumnya jika install oracle xe di ubuntu 9.o4 langsung muncul di menu utama namun kali ini proses installasi tidak semulus sebelumnya jika di ubuntu studio. Tantangannya adalah sistem operasi ubuntu studio ini berdiri diatas arsitektur 64 bit. Mau tidak mau terhenti sesaat untuk mencari solusinya.

Problem 64 bit sudah solved, muncul kendala baru : tidak bisa berjalan oracle 10g xe dalam bentuk offiline. Sepekan bolak-balik mencari sebab dan solusi, alhamdulillah dapat diatasi. Sekarang muncul proble baru lagi yang tak kalah peliknya. File backup yang sebelumnya sudah disave di file system tak bisa direstore.

Semoga hari ini problem puncak ini bisa teratasi dengan baik dan elegan, Amien.

Udah ngga sabar untuk ngebut di Bab IV 🙂

Iklan

One thought on “Menuju Sidang dan Wisuda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s