Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

QURBAN Asah Empati Untuk Peduli

Tinggalkan komentar

MERQURI 1430 H

(Mari berqurban bebarengan RISCue)

Suara kambing dan sapi kembali “menggema” menghiasi pelaksanaan MERQURI 1430 H. Kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh Bidang Sosial Kemasyarakatan, Departemen RISKA RESCue ini, Alhamdulillah sudah memasuki tahun ke 5 menebar hewan qurban  para QURBANERS  ke mereka yang membutuhan  di pedalaman sudut Jabodetabek.

Setelah tahun lalu sukses di Kampung Ranca Bango Kec Rajek Tangerang, kini kegiatan MERQURI 1430,  RISCue melebarkan sayapnya menyapa masyarakat yang berada di Kampung Menteng, Desa Sukaresmi, Tanjakan Gombang, Jonggol Jawa Barat.

Perjalanan menuju lokasi menempuh waktu kurang lebih 3 jam. Tepat pukul 8.30 kami mulai menikmati  “RIsol” (rihlah sosial)  dengan rute  Jakarta – Cibubur –Cileungsi – Jonggol. Sesampai di “pengkolan” memasuki lokasi acara, Subhanallah, pemandangan nan indah, asri dan teduh membetahkan pandangan kami yang biasa “dicekoki” oleh pemandangan polusi dan kemacetan Ibukota. Hamparan sawah dan perkebunan hijau tampak tertata rapi menghiasi perjalanan menuju lokasi acara.  Tak ingin terlewatkan, sesi poto mempoto pun kami sempatkan untuk menambah file album kenangan bersama RISCue.

Jalan tanah bebatuan tak membuat kami surut untuk terus maju menuju lokasi. Rumah semi permanen dan panggung yang terbuat dari bilik kayu tampak terlihat dari pantauan kami. Kampung yang cukup memprihatinkan dan layak untuk  dibantu. Mayoritas warga berprofesi sebagai buruh tani, pengembala ternak, dan pedagang kecil yang penghasilannya hanya cukup buat  makan anak istrinya. Dalam benak mereka, tak pernah terbersit untuk punya Black Berry atau N70.  Baginya, mensekolahkan anak sampai jenjang SMA merupakan impian dan harapan dalam menunaikan tanggung jawabnya sebagai orangtua. Memang mayoritas anak  desa tersebut, bersekolah hanya sampai jenjang SMP karena terbentur ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan. Kalau sudah demikian, sulit rasanya Indonesia memiliki regenerasi cemerlang tanpa diiringi dengan pendidikan bermutu yang bisa dinikmati  masyarakat pedesaan yang tak mampu bersekolah.

Melihat kondisi real yang dialami masyarakat tersebut, RISCue mencoba “menghibur” mereka dengan berbagi daging qurban. Alhamdulillah, kesempatan kali ini, RISCue sukses mengumpulkan hewan qurban 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Kami mohon maaf sebelumnya bagi QURBANERS yang dicontact tim kami satu hari sebelum hari H, yang mengkonfirmasi pengalihan kambing menjadi 1 ekor sapi. Hal ini disebabkan melihat kondisi di lapangan yang tidak memungkinkan untuk dijalankan sesuai dengan rencana. Alhamdulillah, meskipun demikian, Insya Allah hal ini tidak mengurangi keikhlasan niat kita untuk berbagi ke sesama.

Pukul 10.30 kami sampai di lokasi. Setelah melakukan briefing antar panitia, pelaksanaan pemotongan pun dimulai. Sapi gelombang pertama yang terdiri dari nama Anisya Nurshanti, Astrina Asbarinsyah, Nani Seniwarni, Ibu Hj. Maesaroh, Rio Sandiputra, Bapak Dian Heru Widharto, dan Dian Hapsari ini di bawa ke tempat “sepi” dan semak – semak untuk dilakukan prosesi penjagalan. Dengan dibantu beberapa tenaga muda panitia pelaksana, sapi gelombang pertama pun lemas terkulai tak berdaya setelah golok sang penjagal menempel dan memutuskan kerongkongan SARISKA II. Gema takbir anak – anak kecil mengiringi arwah sapi  terlepas dari jasadnya.

Sapi gelombang kedua pun mulai disiapkan, kini giliran SARISKA I yang terdiri dari nama Fernando Sitorus, Yunis Rahmawulan, Muhammad Firmansyah, Yusni Hidayah, Eli Nurliyah, Ghina Syahfitri, dan Hilma Angreni, yang akan mengalami “nasib” yang sama seperti temannya yang  sudah mendahului. Dan, tak luput juga bagi sapi yang  ketiga (sumbangan dari Ustadz Dahlan Bekasi), “keok” terkapar setelah disembelih oleh penjagal. Setelah 3 sapi terkapar, keok, lemah terkulai, kini giliran itu pun tiba menghampiri seekor kambing atas nama Kiki Zakiyah. Tanpa membutuhkan tenaga yang banyak, golok tajam dan kesigapan dari sang penjagal membuat sang kambing tak berdaya menerima nasibnya dan hanya pasrah menerima keadaan. Kambing pun tak berdaya lagi, suara embee tak lagi terdengar lagi,mati!

Setelah semuanya selesai dan di lanjutkan dengan prosesi pencacakan, package, dan tibalah pada proses pembagian kepada para mustahiq. Dari hewan qurban yang ada, Alhamdulillah telah menjadi 424 kantong daging yang masing – masing berisi kurang lebih 1,5 kg.

Pukul 2.30 Ibu – ibu yang rumahnya cukup jauh dari lokasi acara tampak sudah mulai berdatangan memenuhi ruangan teras rumah panggung lokasi acara. Rumah panggung yang terasnya terbuat dari kayu tersebut tampak asri dan anggun, biasanya teras ini setiap hari Senin digunakan pengajian 150 kaum ibu untuk mengaji dan belajar tentang Islam dengan penceramah Ustadz Dahlan dari Bekasi. Setiap hari Jumat, beliau pun mengajarkan hal yang sama untuk 25 kaum bapak di desa tersebut.

Sebelum acara pembagian daging dimulai, acara diawali dengan sedikit pemberian tausiyah kepada Ibu  Ibu dengan harapan selain membawa pulang daging qurban, juga mendapatkan sedikit  pencerahan nilai nilai Islam. Alhamdulillah, proses pembagian berjalan dengan tertib dan rapi tanpa adanya yang berdesak – desakan apalagi terinjak – injak seperti yang terlihat di berita – berita di televisi. Hal ini sudah kami antisipasi dengan membagikan kupon MERQURI 1430 H sehari sebelumnya, sehingga membuat masyarakat merasa yakin bahwa dirinya pasti akan memperoleh haknya dengan aman, nyaman, dan senang. Ibu – ibu, Bapak – bapak yang menerima bingkisan sekantong daging qurban ini tak lupa pula menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para QUBANERS yang sudah peduli menyisihkan sedikit rizqinya untuk dibagi bersama masyarakat Kampung Sukaresmi, Jonggol Jawa Barat. Semoga semua teman – teman yang berpartisipasi di kegiatan MERQURI 1430 H ini mendapatkan ridhoi oleh Allah SWT  dan dicatat sebagai amal sholeh yang dibalas dengan surga-Nya. Amin. Begitu do’a mereka untuk kita semua, semoga ini semua membuat kita semakin semangat dan berani untuk terus berkarya dalam membantu orang – orang dhu’afa yang do’a- do’anya makbul di sisi – Nya.

Tak lupa pula kami sampaikan kepada para rekan semua yang sudah berpartisipasi mensukseskan acara MERQURI 1430 H ini. Tim Eks RISCue ; Mba U-niz (yang slalu stand by Kijangnya), Mba Hesti , Daru, yang selalu ON siang malem nerima telpon dari para QURBANERS yang mau qurban, Icha (yang udah sabar ngadepin suaminya..:-D) Firman, Nando, Mba Yanti, I’am dan teman – teman semua, para QURBANERS yang sudah mempercayai kami untuk menyalurkan amanahnya ke para mustahiq. Semoga kerjasama ini akan terus terjalin di lain kesempatan untuk menebar kebahagian ke para dhu’afa. Akhirnya, segala persoalan marilah kita serahkan pada ALLAH SWT semata, karena DIA lah tempat kita menyembah dan memohon pertolongan.

Demikian laporan ini kami sampaikan, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan. Atas perhatian yang diberikan, kami sampaikan terimakasih.

Sebagai kelengkapan pelaporan dokumentasi kegiatan, kami sampaikan dengan terlampir. Dan kalo mau liat lebih banyak lagi, bisa kunjungi galeri poto di :

http://www.facebook.com/album.php?aid=2028175&id=1054042245&saved#/album.php?aid=2028175&id=1054042245

reporter muhammad ali

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s