Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Serba-serbi I’tikaf (2)

1 Komentar

Selama i’tikaf banyak hal-hal yang dijumpai berhubung berbaurnya jamaah dari beragam latarbelakang dan kebiasaan. Diantara yang saya catat antara lain :

  • disuatu malam ramadhan, saaat saya memasuki ruang ibadah sudah terdapat seorang ayah dengan membawa seorang putra dan seorang putri. Kedua buah hatinya berlari kesana-kemari didalam area ruang ibadah dan itu dibiarkan saja oleh sang ayah, dan anehnya sepanjang malam itu sang ayah tersebut tidak sekalipun saya lihat ia beranjak dari sudut ruang ibadah, tempat ia mojok tanpa melalukan aktivitas ruhiyah, alias meringkuk semalaman.  Dan baru bangun pas jelang sahur dan shalat shubuh.
  • atau ketika jamaah lelah setelah tadarus atau qiyamullail, untuk rebahan atau melepas kantuk, banyak yang asal saja tanpa mengindahkan akses lewat bagi peserta i’tikaf lainnya, kaki dan kepala tak tentu arahnya. Jika teratur tentu sangat baik misalnya dengan kepala dilekakkan sejajar disisi dinding ruang ibadah, berjejer dengan rapih.
  • disuatu masjid jelang tengah malam, aktivitas tadarus merupakan pemandangan yang lumrah. Namun kali ini yang disaksikan adalah jika ditangan kanan quran, ditangan kiri handphone. Mungkin bagi seorang remaja yang duduk bertadarus didepan saya tersebut sulit untuk bergeming dari HP-nya.
Iklan

One thought on “Serba-serbi I’tikaf (2)

  1. terima kasih sharingnya mas
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s