Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Sinus Maxillaris II

Tinggalkan komentar

sinus maxillarisKembali saya lanjutkan perjalanan selama terapi Sinus Maxillaris.

18/08/15 :
Ambil CT-Scan di RS Islam Cempaka Putih, sesuai surat pengantar dari Prof. dr. Zainul A. Djaafar, Sp. THT-KL.

20/08/15 :
Kembali ke RS THT Proklamasi untuk menyerahkan Hasil CT-Scan dan berkonsul kembali dengan Prof. dr. Zainul A. Djaafar, Sp. THT-KL. Namun, pagi ini tanpa disangka beliau baru perjalanan dinas ke Malang. Padahal selain konsul THT dan menyerahkan Hasil CT-Scan saya juga ingin menanyakan mengenai problem kehilangan suara ini.

Berdasarkan usulan pihak RS THT Proklamasi, saya dirujuk ke Dr. dr. Susyana Tamin, Sp. THT-KL.
Disini kembali saya ceritakan hal yang saya alami beserta kronologisnya awal saya ke THT.

Beliau menegaskan bahwa dari hasil CT-Scan, saya masih mengalami Sinus yang masih ter-deteksi di Lembar CT-Scan tsb. Namun, hanya dipipi kiri saja, Alhamdulillah tidak menyebar ke 7 (tujuh) Sinus lainnya. Karena manusia memiliki 8 (delapan) sinus tambah beliau.

Terkait, problem pita suara, beliau memberi obat konsumsi untuk seminggu kedepan, karena problem suara hilang yang belum 2 (dua) pekan, biasanya dapat pulih dengan konsumsi obat dan mengistirahatkan pita suara. Maka beliau memberikan surat sakit untuk istirahat dari tanggal 21, 24, 25 Agustus 2015 karena mendapati saya masih beraktivitas luar.

Kedua, jika pekan depan masih belum pulih pita suaranya, maka perlu dilakukan Laringoskopi.

Ketiga, beliau meminta saya untuk ke dokter Gigi Bedah Mulut untuk tindakan karena infeksi yang berdampak ke Sinus.

Keempat, beliau memastikan saya untuk segera ke Neuroscience.

26/08/15 :
Sore sepulang kerja saya ke RS Grha Permata Ibu, Depok untuk konsul ke drg. Ika Ratna, SBM dan menceritakan perjalanan yang saya alami hingga menemui beliau.
Sore itu juga saya menjalani Foto Panoramic di RS yang sama dengan surat pengantar yang diberikan suster Poli Gigi. Setelah di-cek dan membaca Hasil Foto Panoramic, beliau jadualkan untuk tindakan di hari Sabtu, 29/08/15.

27/08/15 :
Kembali berkonsultasi dengan Dr. dr. Susyana Tamin, Sp. THT-KL dan melakukan rekam video Laringoskopi dengan memasukkan kabel berkamera ke rongga tenggokkan dan hidung. Beliau mewawancarai dengan penasaran karena tidak ada gejalanya. Beliau menggali riwayat medis, misalnya :

  • stroke ringan
  • pernah lumpuh sebelah
  • diabetes
  • hipertensi
  • kena benturan
  • mata melihat objek berbayang

Karena pita suara saya belum pulih juga, beliau meminta saya :

  1. Rontgent Thorax, untuk mendeteksi jika ada pembengkakan Jantung , langsung saya lakukan di RS THT Proklamasi ini.
  2. Konsul ke Spesialis Neuroscience, untuk memastikan kinerja syaraf Nomor X : Neuro Vergus, syaraf yang berhubungan dengan pita suara.
  3. dan menekankan lagi agar segera Cabut Geraham Kiri Atas ke dokter Spesialis Bedah Mulut, karena Sinus tersebut disebabkan oleh infeksi gigi yang berlubang.

 

bersambung…

 

Tinggalkan Balasan

