Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Gagalnya Submit SPT Online

2 Komentar

Sebelum Submit SPT Login

Berikut saya kutip pengertian e-Filling dari situs DJP Online.

e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service Provider (ASP).

Layanan e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak telah terintegrasi dalam layanan DJP Online (http://djponline.pajak.go.id). Bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan menggunakan Formulir 1770S dan 1770SS dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT-nya secara langsung pada aplikasi e-Filing di DJP Online.

Gambar 1

Sebenarnya saya telat mem-posting artikel ini, walau sudah siap print-screen-nya. Alhamdulillah baru tersampaikan saat ini.

Pada umumnya, kita selaku User akan Login dengan mengetik username dengan nomor NPWP, password dan kode verifikasi, Gambar 1.

Dari Form Daftar SPT dibawah ini (Gambar 2), dilanjutkan dengan klik button Buat SPT, lalu mengisi seluruh sheet / lembar dalam setiap tahapan yang tinggal diisi setiap textbox-nya.

Form Daftar SPT

Gambar 2

Hingga tuntas semua tahapan, maka kita diminta mengambil kode Verifikasi dengan klik tulisan [disini] yang ber-arsir orange. Lalu muncul pop-up message seperti dibawah ini.

SPT Kode Verifikasi

Gambar 3

Selanjutnya, SPT Online memberi pesan dalam bentuk Info bahwa kode token sudah terkirim ke email. (Gambar 4).

Sebelum Submit SPT C

Gambar 4

Disamping itu, kita bisa melihat isian SPT Online tersebut dalam bentuk Draft untuk memastikan isian kita sudah valid dan benar alias perlu preview ulang, sebelum benar-benar submit online.

Sebelum Submit SPT B

Gambar 5

Dari inbox email, kita dapati Kode Verifikasi yang unik dan diisikan kembali ke dalam textbox yang tersedia di Form SPT Online.

Sebelum Submit SPT D

Gambar 6

 

Setelah dirasa cukup review-nya, silahkan klik tombol Kirim SPT. Gambar 7.

Sebelum Submit SPT A

Gambar 7

Namun, apa daya. Setiap saya selesai mengisi, review dan kirim SPT Online tersebut, selalu muncul INFO “SPT SUDAH ADA”. Gambar 8.

Sebelum Submit SPT EGambar 8

Bahkan, saat pihak Dirjen Pajak melakukan Sosialisasi di kantor saya, dan hal ini sudah saya laporkan ke pihak mereka dan tax officer kami, saran mereka adalah mengapus content yang sudah ada, hal ini sudah saya turuti dan mengisi ulang hingga tuntas, lalu submit. Namun tetap saja saya belum beruntung.

SPT Efiling

Gambar 9

Pun hari ini kembali saya ikuti setiap tahapannya. Masih juga gagal terkirim alias tidak memperoleh Bukti Kirim yang masuk di inbox email saya.

Bukannya tidak mau berusaha dengan maksimal, nampaknya usaha saya masih sia-sia. Semoga pihak Dirjen Pajak dapat memperhatikan problem ini dan solusinya.

2 thoughts on “Gagalnya Submit SPT Online

  1. solusinya bagaimana, pak? akhirnya dikirim lewat pos? saya coba kirim efiling 2 minggu ini gagal terus, padahal proses pengisiannya lancar jaya.

  2. Dear Devy,
    Akhirnya saya submit manual ke DJP terdekat.
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

