Laskar Cinta

selamat tinggal kebodohan dan pembodohan

Warnai, Gunting dan Pajang

Tinggalkan komentar

20160507_150015Putra pertama kami sangat tekun menuntaskan imajinasinya dalam prakarya yang satu ini. Kami beri kesempatan seluas-luasnya.

Salahsatunya diambil dari worksheetfun dengan beraneka ragam bentuk dan gambar. Tinggal disediakan crayon atau spidol dan gunting, asyiklah ia dengan dunianya.

Dinding menjadi media yang tepat untuk wall of fame. Sebagai apresiasi atas karyanya.

Menurut UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pendidikan anak usia dini, secara khusus bertujuan mempersiapkan mental dan fisik anak untuk mengenal dunia sekitarnya secara adaptive (bersahabat). Fase ini merupakan titik berat pada peletakkan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik antara koordinasi motorik halus dan kasar, kecerdasan sosio emosional, bahasa dan komunikasi.

Pendidikan usia dini yang disebut the golden age karena pada masa ini keadaan fisik maupun segala kemampuan anak sedang berkembang cepat. Melalui permainan menggunting, mewarnai dan menempel ini merupakan salahsatu momen untuk melatih kekuatan tangan dan koordinasi antara otot tangan dan mata. Ditambah pula dapat melatih kemampuan mengendalikan emosi.

Besarnya sumbangan efektif menggunting dan menempel terhadap kemampuan motorik halus mencapai 70 %. Jadi diusia dini, keliru jika bertujuan untuk memberi pengetahuan kognitive (kecerdasan intelektual) sebanyak-banyaknya.

Tugas kita selaku orangtua adalah senantiasa memberikan dukungan dan peduli terhadap aktivitas buah-hati di rumah dalam memberikan stimulus belajar pada anak dengan mengajak bermain bersama menggunakan benda-benda yang dapat digunting, mewarnai dan menempel.

***

screenshot_2017-02-24-15-58-53

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s